Go adalah bahasa pemrograman yang terkenal dengan kemampuan manajemen memori yang baik, kecepatan eksekusi yang tinggi, dan kinerja yang cepat. Salah satu fitur yang membuat Go menjadi bahasa pemrograman yang unik adalah struktur data yang dapat didefinisikan oleh pengguna, yang disebut "struct".
Struct adalah tipe data yang terdiri dari beberapa field atau komponen yang terkait. Field tersebut dapat berupa tipe data primitif seperti integer, float, boolean, atau tipe data lainnya seperti string atau struct lainnya. Struct juga dapat memiliki method, yang merupakan fungsi yang terikat pada struct tersebut.
Pointer adalah tipe data yang menyimpan alamat memori suatu variabel. Pointer berguna ketika kita ingin mengubah nilai suatu variabel dari luar fungsi atau membaca nilai suatu variabel yang ada di luar fungsi. Pointer juga berguna dalam kasus-kasus dimana kita ingin membuat salinan suatu struct yang cukup besar, sehingga kita dapat menggunakan pointer untuk mengirim alamat memori struct tersebut ke fungsi lain, sehingga tidak perlu membuat salinan struct yang besar.
Method adalah fungsi yang terikat pada struct. Method memungkinkan kita untuk mengakses field dari struct di dalam fungsi tersebut, sehingga kita dapat mengubah nilai field atau menggunakannya untuk menghitung nilai yang diinginkan. Method juga berguna ketika kita ingin membuat beberapa aksi yang terkait dengan struct, seperti mencetak informasi tentang struct atau mengubah field dari struct.
Contoh penggunaan struct, pointer, dan method dalam Go adalah sebagai berikut:
Pada contoh di atas, kita membuat struct bernama Person yang memiliki field name dan age. Kemudian, kita menambahkan method Birthday yang akan menambahkan satu tahun pada usia orang tersebut, dan method Greet yang akan mengemreturn sebuah string yang mengandung informasi nama dan usia orang tersebut.
Di dalam fungsi main, kita membuat sebuah variabel p yang merupakan instance dari struct Person dengan nama "John" dan usia 20 tahun. Kemudian, kita memanggil method Birthday pada variabel p untuk menambahkan satu tahun pada usia orang tersebut. Setelah itu, kita memanggil method Greet pada variabel p untuk mencetak sapaan orang tersebut.
Secara umum, penggunaan struct, pointer, dan method dapat membantu kita dalam mengelola data yang terstruktur dan membuat kode yang lebih terorganisir dan mudah dibaca.
Sumber code: Klik disini
Komentar
Posting Komentar